Pemetaan Komponen Ekosistem Untuk Pengembangan Edu-Ekowisata (Studi Kasus : Kebun Raya Universitas Halu Oleo)

Sry Rahayu, Weka Widayati, Anita Indriasary

Abstract


Pemetaan Komponen Ekosistem untuk pengembangan Edu-ekowisata di Kebun Raya UHO merupakan kegiatan pemetaan komponen ekosistem yang dapat dilakukan dengan menggunakan survey topografi, teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menganalisis data untuk pengembangan Edu-Ekowisata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018, dengan lokasi di Kebun Raya UHO, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Pada penelitian ini komponen ekosistem yang akan di identifikasi (dipetakan) antara lain: peta sebaran flora dan peta koleksi tumbuhan dikebun raya UHO. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, Hasil topografi diperoleh menggunakan data pengukuran theodolit untuk peta kontur. Identifikasi jenis flora menggunakan Sistem Informasi Geografis dengan memanfaatkan data hasil pengukuruan lapangan. Komponen ekosistem yang potensial untuk dikembangkan di kebun raya UHO yaitu wisata flora dan wisata alam.  Wisata flora meliputi tumbuhan endemik Sulawesi yang berada di beberapa di daerah  Sulawesi Tenggara. Wisata Alam meliputi kenampakan alamiah bentang lahan di Kebun raya UHO yang berpotensi dikembangkan menjadi tracking flora

 Kata Kunci : Edu-Ekowisata, Kebun Raya UHO, Komponen Ekosistem, Pemetaan

DOI : 10.5281/zenodo.2667845


Full Text:

PDF

References


Cunningham, William P; Cunningham Mary Ann. 2002. Principle of Environmental Science. New York: McGraw-Hill Companies Ennis, R.H. 1985. Goals for a Critical Thinking dalam Resti Aprelia., D., V., Alternatif Penggunaan Multimedia Kontekstual Pada Materi Ekosistem Dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Pbm), Universitas Negeri Malang (Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS).

Maharani, Intan.. 2016. Analisis Kelayakan Potensi Ekowisata Pada Kawasan Wisata Alam Bungi Kecamatan Kok: alukuna Kota Baubau. Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Rivai, RR., dan Wardani, FF. 2017. Aplikasi Pemanfaatan Pupuk Kompos pada vase vegetative tanaman obat Alpinia malaccensis, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Bogor: LIPI.

Sukojo Muljo, B., 2003, Pemetaan Ekosistem Di Wilayah Gunung Bromo Dengan Teknologi Penginderaan Jauh. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Waluya, B.. 2001. Pengelolaan Lingkungan Hidup Ekosistem, Buku, FPIPS, Jurusan Pendidikan Geografi http://file.upi.edu (akses tanggal 07 oktober 2017).

Purnomo, DW., Magandhi, M., Kuswantoro, F., Risna, R.A., dan Witono, JR. 2015. Pengembangan Koleksi Tumbuhan Kebun Raya Daerah Dalam Kerangka Strategi Konservasi Tumbuhan Di Indonesia. Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Bogor: LIPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------